Magang Dasar dan Studi Banding PTI ke Yogyakarta dan Surakarta

Magang Dasar dan Studi Banding PTI ke Yogyakarta dan Surakarta

Mahasiswa Semester 3 Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya telah memasuki mata Kuliah magang dasar. Pada mata kuliah tersebut mahasiswa diberi tugas untuk melakukan Observasi ke sekolah. Observasi dilakukan guna memahami lingkungan tempat mereka akan bekerja kelak. Sehingga tugas utama dari observasi tersebut adalah memahami bagaiamana manajemen sekolah dilakukan, memahami cara pengelolaan fasilitas sekolah (dalam hal ini laboratorium komputer), serta apakah materi yang diajarkan di perkuliahan sama dengan apa yang benar-benar di ajarkan di sekolah. Pertanyaan-pertanyaan tersebut haruslah bisa terjawab ketika mahasiswa telah selesai melakukan magang dasar.

Pada tahun ajaran ini, Mahasiswa PTI melakukan magang ke SMP Muhammadiyah 3 Kota Yogyakarta. Adapun kegiatan magang dilakukan selama satu hari yaitu pada tanggal 11 Januari 2017 lalu. Meskipun dilakukan secara singkat namun esensi dari kegiatan tersebut tetap dirasakan oleh peserta.

Selain kegiatan magang dasar, Mahasiswa beserta rombongan dosen pun melakukan Studi Banding. Studi banding dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mahasiswa PTI beserta Dosen berfoto sebelum berangkat ke UMS

Mahasiswa PTI beserta Dosen berfoto sebelum berangkat ke UMS

Kegiatan Studi Banding PTI UMTAS ke UMS dilakukan pada hari Kamis tanggal 12 Januari 2017. Studi banding dimulai dengan acara sambutan yang begitu hangat dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pada acara sambutan, Dekan FKIP UMTAS Bapak Momor Sophandi mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya atas sambutan, dan kesediaan pihak UMS untuk menerima FKIP UMTAS. Bapak dekan juga menyampaikan bahwa UMS merupakan saudara tua dari UMTAS, menurut beliau UMS memberikan kontribusi yang amat besar pada berdirinya UMTAS.

Auditorium Mohamad Djazman tempat acara penyambutan rombongan FKIP UMTAS

Auditorium Mohamad Djazman tempat acara penyambutan rombongan FKIP UMTAS

Setelah acara sambutan selesai, selanjutnya Tim Mahasiswa dan juga dosen PTI UMTAS melakukan observasi ke PTI UMS. Kami mempelajari banyak hal pada kesempatan tersebut. Hal yang kami pelajari diantaranya adalah bagaiamana proses pembelajaran yang dilakukan, bagaimana bentuk dari kurikulum yang dipegang oleh PTI UMS, serta melihat berbagai fasilitas pembelajaran yang ada di PTI UMS.

Tak lupa, pada kesempatan tersebut pihak dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (NAWADIKTI) melakukan kerjasama dengan pihak HIMA PTI UMS. Kerjasama dimaksudkan agar Nawadikti dan HIMA PTI UMS memiliki ikatan kekeluargaan yang baik sehingga bisa membentuk jejaring yang solid antar Prodi PTI di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *